Membuat Linker Untuk Friendster (Javascript)

Linker Fs berguna sebagai penghubung antara script yang berada di luar (external) ke dalam script friendster. Sehingga kita bisa menambahkan fitur-fitur yang sebelumnya tidak disediakan di friendster. Dengan bantuan script external ini, kita bisa menambahkan chatbox, tracker, animasi, bahkan movies.


Agar script external bisa terhubung ke profile friendster, kita membutuhkan Linker (penghubung) ke script external, disini kita juga membutuhkan "pihak ketiga" yaitu hosting tempat meletakkan script external tersebut.

Hosting untuk meletakkan script tidak harus membeli, di internet banyak tersedia hostingan gratis, seperti ripway.com, geocities.com, dan lain sebagainya. Kita akan mencoba membuat satu hosting yang mana nantinya hosting ini adalah tempat untuk meletakkan file script external ke profile friendster milik kita.


A. Mencari tempat hosting

Saya ambil contoh hosting gratis http://ripway.com, klik link tersebut kemudian register (jika belum ada). Setelah register, login menggunakan account yang baru dibikin. Di halaman "members" klik menu "my files". Di halaman ini lah tempat kita berkreatifitas, me-manage file yang akan kita jadikan external script untuk profile friendster.

Kita bisa mencari hostingan lainnya sesuai dengan keinginan.


B. Membuat Javascript external untuk FS

Ada dua cara, bisa kita tulis langsung di site tersebut dengan menciptakan file baru. Atau dengan cara menulisnya terlebih dahulu di komputer personal kemudian meng-upload nya.

Copy pastekan source berikut ini di notepad kamu :
alert("Halo "+pageViewerFName+"!" + '\n' + "tengkyu ya udah mau mampir" + '\n' + "Salam untuk emak dirumah ^^");

Source ini akan menampilkan "alert messagebox" ketika profile fs kamu pertama kali dibuka. Simpan dengan nama "tes.js", nama file ini bisa kamu tentukan sendiri.

Upload file tersebut ke tempat hostingan milik kita, dan jangan lupa untuk mengingat "path file" nya (link address file tempat file tersebut). Kita ambil contoh hosting yang baru saja kita bahas diatas, ripway.com.
Contoh link :
http://h1.ripway.com/ACCOUNT-KAMU/tes.js


Keterangan:
Ganti tulisan yang berwarna hijau dengan account hosting milikmu
Tulisan yang berwarna biru adalah nama file yang kita bentuk/upload sebelumnya.

Untuk uji coba apakah link tersebut benar atau tidak nya, copy-pastekan link tersebut ke address bar kamu, halaman browser mu akan menampilkan tulisan yang sama persis dengan apa yang kamu isi jika link tersebut benar. Jika tidak, segera perbaiki link tersebut.

C. Membuat Linker

Linker bisa menggunakan generator script yang tersedia di berbagai tempat di internet untuk menampilkan source link dari profile FS ke hosting file. Namun kita bisa juga membuat linker tersebut dengan mengetikkannya di badan profile FS milik kita.

Ada banyak tempat yang bisa kita gunakan untuk meletakkan linker script di profile fs kita, salah satunya adalah di kolom "About Me".

Pertama login terlebih dahulu ke FS kita, kemudian masuk ke dalam menu "edit profile". Pada kolom "About Me: (Describe Yourself)" isikan source berikut ini :
<script src=" http://h1.ripway.com/ACCOUNT-KAMU/tes.js"></script>

Kemudian simpan profile-mu. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa me-lihatnya dengan menampilkan halaman depan profile FS mu. Jika tidak ada masalah dan kesalahan, ketika profile kamu pertama kali dibuka akan menampilkan pesan seperti tersebut diatas yang telah kamu tulis sebelumnya.

[0] Referensi : http://friendstertalk.com

No comments:

Post a Comment