Pembuatan Antena Bazooka 3G

Antena ini merupakan antena penangkap sinyal 3G untuk USB modem yang menggunakan 3G sebagai sinyal nya. Jika anda berdomisili di daerah yang sinyal 3G nya kurang, yang disebabkan oleh jauhnya tower, atau karena terhalang pohon/gedung maka antena ini adalah salah satu solusi yang terbaik (daripada pindah rumah).

Jangkauan daya tangkapnya juga lumayan, sekitar 5km dari titik tower, dengan arah yang tepat. Salah satu kelemahan dari antena ini adalah harus menempatkan arah yang tepat ke spot sinyal, karena jika bergeser sedikit saja maka sinyal yang dimaksud tidak akan maksimal didapat, berbeda dengan wajan bolic.

Peralatan yang dibutuhkan dalam pembuatan antena ini adalah :
1. pipa paralon diameter 4 inch sepanjang 40 cm.
2. modem usb 3G
3. kabel usb extended (10 meter)
4. aluminium foil
5. 2 buah tutup (dove) paralon ukuran 4 inch
6. pisau
7. penggaris


A. Potonglah paralon menjadi 40 cm panjangnya
B. Lubangi salah satu bagian ujungnya sesuai dengan ukuran kepala USB menggunakan pisau, jaraknya dari tepi paralon adalah 6,8 cm. Tapi saya melubangi ujung USB nya dengan jarak 6,5 cm karena tutup dove saya tidak terlalu rapat ke paralon.




C. Balutlah sisi luar paralon dengan aluminium foil, juga bagian dalam dari salah satu tutup (dove) paralon. Ingat hanya bagian dalam dari salah satu tutup paralon, jangan keduanya. Jika tidak menemukan aluminium foil, bisa diganti dengan stiker aluminium untuk mobil yang berwarna silver, harganya 1 meter sekitar Rp. 25.000,-


D. Colokkan kabel extented USB ke dalam paralom, kemudian colokkan modemnya dari dalam.


E. Tutuplah kedua ujung paralon dengan dove (penutup) nya. Salah satu penutup yang telah di balut aluminium dari sisi dalamnya, letakkan di ujung yang berada paling dekat dengan modem. Satu tutupnya lagi (yg tidak di balut aluminium) dipasang di ujung paralon yang jauh dari modem.

F. Colokkan kabel USB ke pc/laptop, agar tersambung ke antena

G. Yang terakhir ini letak sensasinya ~_~ yaitu mencari posisi yang tepat untuk menangkap sinyal 3G nya. Karena sedikit saja bergeser dari titik sinyal, maka sinyal pun ikut bergeser. Sebaiknya letakkan di tempat yang tinggi (bila perlu letakkan di atas rumah), dan putarlah sedikit demi sedikit dalam mencari sinyal nya sampai sinyal yang didapat maksimal terjangkau dari spot nya.

Berikut review hasil kerja antena yang telah dibuat, mulai dari sinyal 3G yang benar-benar tidak ada sampai menjadi full bar (99%), walau terkadang turun ke posisi 50-70%, tak mengapalah asal sinyal 3G ada ~_~


Jika anda melihat ada kabel putih dekat antena bazooka, jangan hiraukan itu adalah kabel antena TV yang ga sengaja kejepret... mau naik lagi keatas rumah untuk foto ulang rada lemes... ~_~

Berikut ini adalah review sinyal yg didapat:


Selamat mencoba. Salam codet.

No comments:

Post a Comment