MikroTik Sebagai Virtual Router dan PC Real Sebagai Client Dengan Menggunakan USB Modem GSM 3G Pada VMware Workstation 7.0 (Part I)

Kita akan mencoba membuat sebuah Virtual Jaringan yang terhubung ke Internet dengan menggunakan VMware Workstation 7.0. Karena koneksi yang saya miliki hanya berupa usb modem stick dengan kartu GSM, maka kita implementasikan bahwa koneksi modem usb tersebut adalah sebuah ISP yang diinstall pada PC virtual yang bertugas sebagai ISP (penyalur koneksi) ke Virtual MikroTik (Router) dan pada akhirnya PC real yang kita miliki sebagai client dari Virtual Router tersebut.

Berikut gambar skema alur koneksi pada Virtual Jaringan ini:


Berikut Step-by-step yang harus dilakukan :

1. Pertama yang dilakukan adalah lakukan instalasi XP pada VMware, dan edit hardware yang sekiranya diperlukan serta remove hardware yang tidak terlalu diperlukan. Yang mesti ditambahkan adalah, Network Card dan USB Controller.


Pada bagian Network Adapter yang ditambahkan, pilih opsi :
Nat: Used to share the host's Ip address

2. Lakukan instalasi XP Home seperti biasa pada VMware, setelah dilakukan instalasi kita akan menghubungkan modem USB real ke dalam XP Home virtual tersebut.

3. Tancapkan USB Modem GSM pada Komputer Real, kemudian pada VMware (XP home virtual) pilih tab menu:
"VM" --> "Removable Device" --> "Merk Modem-nya" --> "Connect(bla...bla..)"

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:


4. Lakukan instalasi modem seperti biasa yang dilakukan pada instalasi komputer real, konfigurasikan sesuai dengan APN masing-masing. Lakukan test koneksi (ping atau apalah ke internet), sehingga hasilnya akan terlihat kurang lebih seperti berikut :


5. Buka halaman menu "Network Connections". Selanjutnya klik kanan pada icon Modem yang terkoneksi tersebut dan pilih properties. Pada window properties pilih tab "Advanced" dan centang "Internet Connection Sharing". Pada pilihan "Home Networking Connection" pilihlah "Local Area Connection" atau kartu jaringan virtual LAN yang nantinya akan dihubungkan ke MikroTik.

Begitu juga dengan Icon "Local Area Connection" isikan ip address Local yang akan digunakan sebagai gateway dan dns pada MikroTik. Pada contoh ini saya menggunakan IP "192.168.10.1"

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar dibawah ini:


7. Selanjutnya shutdown XP Home virtual, dan kita akan melakukan proses instalasi MikroTik sebagai Router bagi PC real.

Xp Home virtual ini diimplementasikan sebagai radio keluar yang menghubungkan ke radio ISP. Untuk OS yang diimplementasikan sebagai radio peghubung ke ISP tidak harus XP home, bisa juga menggunakan OS lainnya, disini saya hanya memiliki modem USB dengan driver yang support ke XP. Jika MikroTik support dengan Modem ini, tentunya kita akan langsung menggunakannya di MikroTik tanpa harus menggunakan Media penghubung.

Step selanjutnya akan dilanjutkan pada session berikutnya. Salam Codet.

Seorang Blogger pemula yang sedang belajar

Blogger Comments
Facebook Comments

2 comments



Click here for comments
neo
March 30, 2012 at 2:22 AM ×

numpang nanya gan..
brdasarkan yg disini:
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Supported_Hardware#3G_cards

modem gsm ane ud support sama mikrotik gan..gimana cara menggunakan modem gsm nya langsung ke mikrotik tanpa media penghubung??
dan cara koneksi ke PC Real yg sebagai client gimana ya gan??

Balas
avatar
admin
Anonymous
March 2, 2013 at 8:21 AM ×

Wew..kk weew

Kapan maen ke jakarta dek? Mampir-mampir oi :D

Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar