MikroTik Sebagai Virtual Router dan PC Real Sebagai Client Dengan Menggunakan USB Modem GSM 3G Pada VMware Workstation 7.0 (Part II)

Jika sebelumnya kita telah menginstall XP Home virtual pada VMware, berikut ini kita akan melakukan instalasi MikroTik pada VMware serta konfigurasinya agar terhubung ke XP Home virtual untuk mendapatkan koneksi internet serta terhubung juga ke PC real.

1. Create New Virtual machine, sebagai tempat meletakkan MikroTik OS. Untuk cara instalasinya bisa dilihat di artikel "Install MikroTik 2.9.51 di VMware Workstation v7.0.0". Untuk konfigurasi sebaiknya mengikuti apa yang akan ditulis dibawah ini, dan tidak mengikuti ip address pada tulisan artikel tersebut.

2. Diasumsikan bahwa MikroTik telah selesai diinstall dan dalam kondisi power off (tidak nyala), kemudian edit spesifikasi hardware menjadi seperti yang terlihat dibawah ini (remove hardware yang tidak diperlukan).


3. Selanjutnya kita akan mensetting Kartu Jaringa virtual yang akan dipergunakan sebagai penghubung antara PC real dengan MikroTik Router virtual. Pilih menu "Edit" --> "Virtual Network Editor".


4. Lakukan setting seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini dengan Subnet IP contoh yang dipilih adalah: 192.168.0.0 Mask: 255.255.255.0


5. Setelah konfigurasi virtual network dilakukan, masuk ke "Network Connections" milik PC real dan lakukan konfigurasi seperti gambar dibawah ini:


Artinya Ip pada PC real adalah 192.168.0.2 yang mana nantinya ip 192.168.0.1 adalah ip yang dimiliki oleh MikroTik ke arah PC Real (LAN).

6. Sekarang kita akan menghubungkan MikroTik virtual dengan PC real. Pada edit Hardware untuk virtual MikroTik tambahkan Network Adapter dengan konfigurasi custom: spesifik virtual network yang mengarah pada virtual network PC real. seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:


Jumlah virtual network yang terinstall adalah satu buah.

7. Jalankan MikroTik virtual, login seperti biasa dan cek interface yang terinstall.


Interface menuju jalur LAN telah terpasang dengan nama "ether1".

8. Selanjutnya memasukkan IP address pada interface tersebut agar bisa terhubung ke PC real.
[admin@MikroTik] > ip address add address=192.168.0.1/30 interface=ether1

ip yang dimasukkan adalah ip 192.168.0.1 yang mana pada ip PC real adalah 192.168.0.2 sehingga bisa saling berhubungan karena dalam satu subnet.

Sedangkan Mask yang dipakai adalah slash 30 ("/30") dikarenakan ip yang terhubung dengan virtual MikrotTik hanya satu PC yaitu ip 192.168.0.2. Jika hendak menggunakan range ip yang lebih besar gunakan slah 24 ("/24") untuk ip yang tersedia dari 192.168.0.1-192.168.0.254.

Lakukan cek pada ip address yang telah terpasang:
[admin@MikroTik] > ip address print

Serta tes ping terhadap ip PC real, jika ping reply berarti PC real telah terhubung dengan MikroTik virtual.
[admin@MikroTik] > ping 192.168.0.2

Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:


9. Kembali ke PC real, buka browser dan tes koneksi dengan mengetikkan alamat ip pada browser tersebut. Jika tidak ada masalah, maka tampilan web MikroTik Router virtual akan muncul seperti yang tampak pada gambar:


Sebatas ini PC real telah terhubung dengan MikroTik virtual, tetapi hanya sebatas Jaringan lokal yang belum bisa terhubung ke internet.

Pada artikel selanjutnya akan ditulis penggabungan XP home virtual sebagai penyedia koneksi internet (implementasi ISP) yang bisa di salurkan ke MikroTik virtual dalam bentuk "team" jaringan LAN virtual.

Salam Codet.

5 comments:

  1. mana download software nya gan..??
    mohon di kirim ke email iya
    ganda_sitorus@rocketmail.com

    terimakasih

    ReplyDelete
  2. thanks gan i need it

    ReplyDelete
  3. terimakasih bro, tutsnya sangat berguna

    ReplyDelete
  4. mangstap
    thanks atas pencerahannya bro

    ReplyDelete
  5. 3G usb modem-nya kok gak diapa-apain, gan??

    ReplyDelete