Mengintip IP dan Lokasi Sebuah Website

Suatu website memiliki address yang berbeda satu dengan lainnya, misalkan www.detik.com, www.yahoo.com, dan sebagainya. Address yang dimiliki oleh suatu website sebenarnya merupakan susunan IP sebagai tanda pengenal mereka, dan dimudahkan oleh www dengan pengucapan sebuah kata sebagai link-nya. Coba kita bayangkan seandainya address semua website didunia ini harus menggunakan IP dalam "pengucapan" link-nya. Misalnya kita hendak mengunjugi www.google.com, sedangkan IP nya adalah http://72.14.235.99/, apakah kita bisa mengingatnya? Kalau satu atau dua website saja, mungkin bisa. Bagaimana jika lebih dari lima?

Oleh karena itu, link addressnya dimudahkan dalam "pengucapan" linknya dengan memberikan nama, agar kita bisa dengan mudah untuk mengingatnya.

Karena link IP suatu website jarang disebutkan, sehingga terkadang kita sama sekali tidak mengetahui apa IP dari website tersebut, serta dimana lokasi servernya berada. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara untuk mengetahui IP suatu website serta dimana lokasi servernya berada.

Untuk mengetahui IP suatu website, kita bisa menggunakan layanan command prompt "trace route" milik windows. Buka command prompt mu, kalau ada yang belum mengetahui caranya, klik start menu windows, kemudian pilih "Run...". Pada kolom "Run" ketikkan "cmd", jika tidak ada kendala, seharusnya command prompt tersebut muncul di layar monitor anda. Pada layar prompt, kita ketikkan :
tracert www.NAMA-SITUS.com

Kita ambil contoh www.detik.com, sehingga tulisan di layar adalah :
tracert www.detik.com

IP hasil dari penelusurannya adalah 202.158.66.20, seperti yang terlihat pada gambar berikut :



Sekarang kita telah mengetahui IP dari website tersebut, tinggal bagaimana cara kita bisa mengetahui dimana lokasi servernya berada.

Untuk mengetahuinya, kita bisa menggunakan jasa http://www.ipaddresslocation.org/. Klik link tersebut dan masukkan IP yang telah kita dapat pada kolom "IP LOCATOR". Lihat gambar :



Kemudian tekan tombol "LOOK UP", maka hasil yang didapat adalah :




Kita bisa menggunakan tombol zoom pada image dari hasil tersebut untuk denah lokasi yang lebih detil.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment