Radmin Ke Client Mikrotik Router

Radmin atau kepanjangan dari kata Remote Administrator adalah salah satu aplikasi Remote PC / Pengendali PC jarak jauh, yang mana pada sisi server telah dipasang file pengendali dan pada sisi client juga terpasang remote pengendalinya. Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang berkerja dengan dua komputer atau lebih. Kebanyakan dari antivirus yang ada saat ini menganggap aplikasi ini adalah trojan, jika dilihat dari aktivitasnya yang mempengaruhi system, namun jika dilihat dari kegunaannya aplikasi ini sangat membantu bagi anda yang hendak beraktivitas dari jarak jauh terhadap mesin PC yang dituju.

Bagaimana cara instalasi radmin dimana pada jaringan tersebut menggunakan Mikrotik sebagai routernya? Berikut ini adalah langkah-langkah nya :

  • Install radmin di PC Client yang menggunakan mikrotik sebagai routernya.
  • Setting File server radmin, dan aktifkan, jika antivirus menangkapnya sebagai trojan, usahakan agar file server nya di eksepsi kan (file yang dikecualikan) di antivirus nya.

Sampai sebatas ini, kiranya tidak ada masalah yang berarti dalam hal penginstallan radmin server di PC client mikrotik router. Selanjutnya buka Winbox untuk menghubungkan ke Mikrotik dan ketikkan script ini di terminal:

/ ip firewall nat
add chain=dstnat dst-address=000.000.000.000 protocol=tcp dst-port=50210 \
action=dst-nat to-addresses=192.168.10.20 to-ports=4112 comment=”" \
disabled=no

Ganti tulisan yang berwarna merah dengan IP publik router yang ada di jaringan tersebut. Tulisan yang berwarna hijau menyesuaikan. Untuk dst-port saya pakai 50210. Untuk dst-nat to-addresses sesuaikan dengan PC client yang telah terinstall radmin server, dalam hal ini ip yang saya pakai adalah 192.168.10.20. Kemudian port untuk masuk ke PC client nya adalah 4112, disesuaikan dengan settingan port radmin yang berada di PC dengan IP client tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di :
IP==>Firewall ==> dan buka Tab NAT

Lihat gambar berikut :



IP client bisa diganti-ganti jika radmin yang diinstall lebih dari satu pada PC client, misalnya 192.168.10.19

Pada sisi Client radmin/PC pengendali, telah terinstall Radmin Viewer. Untuk instalasi kiranya tidak mengalami kesulitan, install seperti biasa.

Untuk uji coba koneksi, buka Radmin Viewer pada pc pengendali. lihat gambar :


Klik tombol “adds a new connection” untuk menambahkan list koneksi. Pada kolom “Name of Entry” isikan namanya (terserah), pada kolom “Ip Address or DNS Name” isikan IP Publik, kolom “port” hilangkan centang “use default port” dan isikan “50210″ sesuai dengan port yang kita isikan pada script diatas. Tekan tombol “OK”.

Sebelum melakukan koneksi, silahkan pilih metode penghubungan, ada beberapa mode jenis penghubungan yang bisa kita pakai, sesuai dengan keinginan.

Selamat ber-admin ria, salam codet.

No comments:

Post a Comment