Menaikkan Ranking Search Engine Blog Kita Dengan Meta TAG


Ketika ketika mencari informasi dengan menggunakan Search Engine atau katakanlah Google, maka link yang mayoritas kita klik adalah link hasil temuan yang berada di atas sekali atau paling tidak yang kedua atau ketiga. Sangat jarang sekali kita membuka link hasil temuan Google ke halaman dua. Sangat beruntung sekali site yang berada di posisi atas hasil temuan Google tersebut dengan mengetikkan keyword.

Blog milik kita juga bisa dioptimal kan menambahkan tag pada metanya. Dengan menambahkan meta tag pada blog milik kita merupakan suatu faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimisation). Meta tag mengizinkan Search Engine untuk mencari ke dalam daftar web kita dengan akurat dan benar.

Contoh pencarian dengan menggunakan google dan hasil yang didapat dengan menggunakan meta tag yang telah diselipkan :



Dengan meta tag, hasil pencarian yang diberikan kepada mesin pencari lebih akurat dan benar. Ada tiga baris code yang diselipkan di dalam badan blog milik kita, yaitu :

<meta content='DESKRIPSI' name='description'/>
<meta content='KATA KUNCI' name='keywords'/>
<meta content='NAMA AUTHOR' name='author'/>

DESKRIPSI diisi dengan catatan tentang blog milik kita
KATA KUNCI diisi dengan keyword (kata kunci) yang berkaitan dengan blog milik kita. Kalau keyword lebih dari satu, pisahkan dengan tanda koma.
NAMA AUTHOR diisi dengan nama blog, atau nama diri sendiri selaku pengurus blog.


Login ke Blog sobat, masuklah ke dalam menu rancangan, dan pilihlah tab "edit HTML". Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :



Cari code yang tertulis dibawah ini atau tekan "ctrl + f" dan pastekan code dibawah ini :

<b:include data='blog' name='all-head-content'/>


Letakkan 3 baris meta tag yang tertulis seperti diatas pada bagian tepat dibawah code tersebut diatas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :



Jangan lupa untuk mengganti deskripsi, kata kunci, dan authornya. Jika telah selesai, simpanlah. Dan optimalisasi pada Search Engine telah dilaksanakan pada blog milik kita.

Selamat berkarya.

3 comments: