Apakah Kamu Hacker ?

Sebuah pertanyaan yang simple dengan terdiri dari 3 kata, tapi lumayan sulit untuk menajawabnya. Cobalah tanyakan itu kepada dirimu sendiri, lihatlah ke dunia luar sana dan akan terlihat betapa kecil dirimu ketika mencoba untuk menjawabnya.

Kamu memiliki banyak Net Account, kamu telah puluhan kali melakukan exploit kepada webserver, kamu telah ratusan kali menerjemahkan file password, bahkan mungkin kamu telah ribuan kali mendapatkan vulnerable website. Semua orang disekitarmu salut akan kemampuanmu tentang komputer, dan hanya kamu yang selalu bisa diandalkan untuk menyelesaikan sesuatu yang sulit untuk dilakukan di UNIX. Semua itu belum bisa dijadikan modal sebagai jawaban.

Ketika kamu melakukan sniffing, ketika kamu melakukan phreak, ketika kamu melakukan cracking, semua terlihat mudah ketika jarimu berada di atas keyboard. Kamu memliki banyak jenis exploit, kamu memiliki banyak jenis keylogger, kamu memiliki banyak pass breaking tools, kamu memiliki banyak jenis port scanner. Juga belum bisa menjadi modal sebagai jawaban dari pertanyaan diatas.


Dengan siapa dan dimana sebelumnya kamu mendapatkan exploit? Dengan siapa dan dimana kamu mendapatkan tools pass Breaking? Dengan siapa dan dimana kamu mendapatkan kemampuan cracking?

Lihatlah keluar, ada ribuan bahkan lebih yang memiliki kemampuan seperti kamu. Kamu hanya sebagian kecil dari mereka. Jangan pernah puas dengan apa yang telah dilakukan. Sadarkah Kamu lebih sulit menjaga daripada menyerang dan merusak?

Dan tentang jawabannya adalah Hacker merupakan sesuatu kematangan berpikir dari semua yang kamu lakukan. Hacker adalah pengakuan tertinggi dari semua yang ada. Hacking bukan merupakan sebuah jawaban tapi merupakan sebuah perjalanan menuju keingin tahuan. Kamu tak akan pernah menyadari kapan waktunya kamu akan menjadi seorang hacker, hingga akhirnya kamu akan kembali mengingat semua yang telah pernah kamu lakukan selama ini, dan tersenyum.

Salam Codet.