Memasang Tombol Like Di Setiap Postingan


Dah banyak yang menulis tentang judul ini. Disini saya sekedar untuk menambahkan catatan online ku tentang blogger.

Tombol LIKE / SUKA nya facebook di blogger berfungsi sebagai alat tingginya antusias pengunjung terhadap tulisan / posting yang diterbitkan, sekaligus sebagai alat pemasaran blog, karena secara tidak langsung facebook juga telah ikut perannya dalam memasarkan blogger kita.

Seperti yang terlihat pada blogger ini, pada setiap postingannya akan muncul tombol milik facebook (LIKE / SUKA). Karena pada badan posting telah disisipkan script yang mengarah kepada tombol nya facebook, yang mana setiap kita mengklik tombol tersebut maka akan ditampilkan di halaman / wall facebook yang bersangkutan.


Bagaimana cara memasangnya ? Seperti biasa, login ke blogger, masuk kedalam bagian edit-html dan centang tanda "Expand Template Widget". Sebelum menambahkan script, ada baiknya jika template anda di back-up terlebih dahulu.






Carilah (ctrl + f) kode berikut di dalam kolom tersebut :
<data:post.body/>
Karena secara garis besar, kode postingan berada di code tersebut. Tergantung letak script like tersebut mau diletakkan dimana, di atas postingan, di bawah postingan, atau dihalaman depan blog, semua disesuaikan dengan keinginan dengan cara memindahkan baris script tersebut di atas atau dibawah code postingan.

Jika mau tombol tersebut ada diatas postingan:
< kode tombol facebook like disini >
<data:post.body/>

Jika mau tombol tersebut dibawah postingan :
<data:post.body/>
< kode tombol facebook like disini >

Pastekan code berikut ini di tempat yang anda sukai (di atas atau di bawah postingan).
<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;action=like&amp;layout=standard&amp;show_faces=false&amp;width=550&amp;font=arial&amp;colorscheme=dark&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:550px; height:45px;'/>

Nb :
Tulisan yang berwarna merah bisa diganti angkanya sesuai dengan ukuran postingan.
Untuk menampilkan foto orang yang telah menekan tombol, ganti tulisan
"show_faces=false" menjadi "show_faces=true"
Untuk mengganti warna layout, ganti
"colorscheme=dark" menjadi "colorscheme=light"

Jika telah selesai simpan, dan lihat hasilnya. Jika hasil yang muncuk tidak sesuai dengan keinginan ulangi lagi cara tersebut diatas, sampai hasil yang tercipta sesuai dengan keinginan.

Salam Codet

No comments:

Post a Comment