Dasar Keamanan Jaringan di Linux

Dikutip dari "Adiministrasi Jaringan Linux", oleh: R. Anton Raharja, Afri Yunianto, Wisesa Wdiantoro.

1 Security ?
Ketika jaringan kita terhubung dengan sebuah WAN atau terhubung dengan Internet, maka kita tidak hanya harus mempertimbangkan masalah keamanan dari tiap-tiap komputer di dalam jaringan kita, tetapi juga harus memperhatikan keamanan jaringan secara keseluruhan. Kita tidak dapat menjamin bahwa semua orang di "luar sana" adalah orang baik-baik, sehingga permasalahan keamanan jaringan ini merupakan hal yang harus mendapat perhatian yang lebih dari seorang administrator jaringan. Kita juga sebaiknya tidak selalu berpikir bahwa keamanan jaringan bukan hanya berhubungan dengan hacker atau cracker dari "luar sana" tetapi sering kali ancaman tersebut juga datang dari sisi jaringan internal kita sendiri.

2 Kepedulian masalah security
Berikut diberikan beberapa contoh hal-hal yang harus diwaspadai dalam keamanan jaringan :

Password Attack
Deskripsi : usaha penerobosan suatu sistem jaringan dengan cara memperoleh password dari jaringan tersebut.
Pencegahannya : installah shadow password, suatu program enkripsi untuk melindungi password.

Malicious Code
Deskripsi : kode-kode pada suatu program yang "tersamar" yang tidak diketahui fungsi dan manfaatnya, tetapi sewaktu-waktu dapat aktif dan beraksi membahayakan keadaan sistem.
Pencegahan : gunakan program-program seperti tripwire, TAMU, sXid atau dengan menggunakan MD5Checksum.


Sniffer
Deskripsi : suatu usaha untuk menangkap setiap data yang lewat dari suatu jaringan.
Pencegahan : mengenkripsikan semua data yang akan kita lewatkan kedalam jaringan, misalnya menggunakan ssh (secure shell) yang mempunyai fungsi yang sama dengan telnet tetapi semua data yang dilewatkan kejaringan akan di enkrip dengan enkripsi 128 bit.


Scanner
Deskripsi : merupakan utilitas bantu untuk mendeteksi celah-celah keamanan.
Pencegahan : pada umumnya program-program scanner menggunakan paket SYN dan ACK untuk mendeteksi celah-celah sekuriti yang ada pada suatu sistem, SYN dan ACK menggunakan ICMP sehingga untuk pencegahannya adalah memfilter paket-paket ICMP dari sistem.

Spoofing
Deskripsi : merupakan penyerangan melalui autentifikasi suatu sistem ke sitem lainnya dengan menggunakan paket-paket tertentu.
Pencegahan : konfigurasikan sistem untuk menolak semua paket yang berasal dari localhost, memakai program enkripsi untuk akses remote (mis: ssh), mematikan service yang berhubungan dengan "dunia luar" apabila dirasakan kurang diperlukan.

Denial Of Service (DOS) Attack
Deskripsi : DoS merupakan serangan yang dilancarkan melalui paket-paket tertentu, biasanya paket-paket sederhana dengan jumlah yang sangat banyak/besar dengan maksud mengacaukan keadaan jaringan target.
Pencegahan : dilakukan dengan mematikan alamat broadcast, dan memfilter paket-paket ICMP, UDP, serta selalu melakukan update kernel yang digunakan oleh sistem.

3. Setting Beberapa File
Beberapa file perlu dikonfigurasi untuk mengamankan jaringan.

/etc/host.allow
File ini digunakan untuk mengizinkan user dari luar untuk login ke dalam system berdasarkan hostname dan IP addressnya.

/etc/host.deny
Berlawanan fungsi dengan host.allow, file ini berisi daftar hostname dan nomor IP address yang dilarang melakukan remote login ke dalam system.

/proc/sys/net/ipv4/icmp_echo_ignore_all
File ini apabila bernilai "1" maka semua paket-paket yang menggunakan port icmp akan di tolak.

/proc/sys/net/ipv4/icmp_echo_ignore_broadcasts
Agak berbeda dengan file sebelumnya, apabila bernilai "1" file ini hanya menolak semua paket-paket icmp yang berasal dari IP broadcasts. jadi tidak seluruh paket icmp ditolak (deny).

/proc/sys/net/ipv4/conf/all/rp_filter
File ini digunakan untuk menghindari usaha spoofing dari luar system. Set "1" untuk mengaktifkannya.

/proc/sys/net/ipv4/tcp_syncookies
SYN attack adalah sebuah serangan DoS yang akan menghabiskan semua resource cpu dari system. Set "1" untuk mengaktifkannya.

/etc/pam.d/su
Apabila system menggunakan PAM, dapat dikonfigurasikan untuk membatasi akses root berdasarkan user. Tambahkan dua baris di bawah pada /etc/pam.d/su,agar hanya user dibawah group wheel saja yang dapat login sebagai root.
auth sufficient /lib/security/pam_rootok.so debug
auth required /lib/security/pam_wheel.so group=wheel

/etc/lilo.conf
Untuk lebih mengamankan system tambahkan password dan statement restricted pada lilo.conf agar tidak semua orang dengan mudah masuk ke dalam sistem dan mempunyai kekuasaan root.

4. Perangkat bantu IDS (Intrussion Detection System)
Berikut adalah beberapa perangkat lunak bantu yang bisa digunakan untuk pendeteksi penyusup :

Portsentry
Sebuah program bantu yang cukup "ringan" dan tidak begitu sulit untuk mengkonfigurasikan dan menggunakannya. Cocok untuk sistem jaringan kecil.

Snort
Program bantu ini berfungsi memeriksa data-data yang masuk dan melaporkan ke administrator apabila ada "gerak-gerik" yang mencurigakan. Bekerja dengan prinsip program sniffer yaitu mengawasi paket-paket yang melewati jaringan.

LIDS (Linux Intrussion Detection System)
Merupakan salah satu tools IDS yang sangat baik dalam melindungi system. Ketika lids aktif, maka bahkan root sekalipun mempunyai akses yang sangat terbatas sekali dalam mengkonfigurasikan system.

Carnivore
Sebenarnya tools ini lebih bisa dianggap sebagai sniffer daripada IDS. Dikembangkan di amerika, kini Carnivore oleh FBI dipasang di semua server yang berfungsi sebagai tulang-punggung (backbone) Internet yang ada di Amerika. Sehingga secara tidak langsung Amerika telah menyadap semua data yang lewat dari seluruh penjuru dunia. Perlu diketahui bahwa hampir semua server utama atau backbone yang ada di dunia ini
berlokasi di Amerika Serikat.

Dan masih banyak tools untuk IDS lainnya yang dapat digunakan untuk lebih meningkatkan keamanan sistem.

5. Informasi sekuriti di Internet

Beberapa informasi tentang security yang dapat diperoleh di Internet :

http://www.linuxsecurity.com
http://securityfocus.com
http://www.cert.org
http://atrittion.org
http://packetstorm.securify.com
http://www.karet.org
http://www.securitylinux.net
http://www.securityportal.com

Salam Codet