Membuat Catatan List Isi Folder


Adakalanya kita harus membuat catatan tentang apa saja isi dari folder milik kita, berguna sebagai "daftar isi" tentang apa saja isi dari folder tersebut. Jika hanya satu-dua file dirasakan tidak terlalu berat untuk mencatatnya, bagaimana jika jumlah filenya diatas 100?, mungkin sedikit agak merepotkan ketika harus mencatat nama masing-masing dari file yang berada dalam folder tersebut.

Untuk membuatnya tidak terlalu sulit, dengan bantuan file bath dan context menu ketika klik kanan, maka catatan telah berhasil dibuat, berikut langkah-langkah pembuatannya:

1. buat file bath dengan notepad, save-as dengan ekstension bat, misalkan "codet.bat". Dan isikan baris perintah berikut didalamnya.
dir %1 /a /-p /o:gen >daftarisi.txt

2. simpan file codet.bat tersebut di dalam direktori windows, kenapa harus direktori tersebut? karena kita jarang masuk ke dalam direktory tersebut, dan menjaga agar tidak terhapus oleh kita sendiri, juga terkesan lebih "rapi" untuk menyimpannya disana.

3. Kemudian buka "folder option", jika belum tahu dimana letak "folder option", buka "control panel" dan carilah menu "folder options". Pada bagia tab "file types". Di bagian kolom file types, pilihalah "folder" dan klik tombol "advance". Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:


Kemudian, klik tombol "new". Kemudian isikan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, sesuaikan dengan jalur dimana file "codet.bat" disimpan.


Simpan konfigurasi yang telah diisikan, dan masuklah ke dalam explore, lakukan klik kanan pada folder yang hendak di catat isinya.


Maka akan terbentuk satu file baru yang bernama "daftarisi.txt", yang mana ketika dilihat isinya adalah tulisan tentang daftar isi dari folder yang dicatat.


Salam Codet.

No comments:

Post a Comment