Cara Crack MikroTik Versi 2.9.2 Agar Bisa Melakukan Upgrading

Crack merupakan suatu aktivitas yang ilegal atau tidak diperbolehkan, karena sedikit banyak tentunya merugikan pihak yang mengeluarkan lisensi tersebut. Pada MikroTik RouterOS, lisensi diberlakukan dalam bentuk 6 level dimana setiap level memiliki tingkat fitur yang berbeda. Tentunya dengan semakin tinggi level fitur pun semakin lengkap, untuk mendapatkan level ini, dan bahkan full maka harus dikenakan biaya pembelian lisensi. Dan walau bayarpun harganya tidak terlalu tinggi, sekitar ratusan ribu.

Disini kita tidak bicara soal ilegal maupun legal, kita bicara soal pengetahuan tanpa harus menjadikannya hal yang komersil, mohon digaris bawahi, hanya untuk pengetahuan saja. Soalan komersil maupun tidak, itu kembali kepada diri kita masing-masing. Bagi yang mau mencoba upgrade dari MikroTik versi 2.9.2 ke lebih tinggi harus memiliki lisensi yang support terhadap versi selanjutnya, walau kita tahu pada versi 2.9.2 sebenarnya lisensinya telah memiliki level 6 (full) tetapi tetap saja tidak bisa melakukan upgrading. Untuk itu kita akan melakukan crack terhadap lisensi yang lama ke lisensi yang baru.

Versi yang 2.9.27, sebaiknya didowngrade terlebih dahulu ke versi 2.9.2 karena walau telah crack, tetap saja tidak bisa diupgrade pada versi tersebut, setelah di crack pada versi 2.9.2 baru kemudian bisa di upgrade lagi ke versi yang lebih tinggi.

Pertama download terlebih dahulu file paket untuk crack nya di:
http://www.4shared.com/file/H57Nkftj/SoftwareID-crack.html

Kemudian upload di bagian file pada MikroTik (sebaiknya menggunakan ftp browser, karena lebih mudah dalam menguploadnya):


Usahakan agar file yang diupload tadi berada sejajar dengan folder hotspot, bukan berada di dalam folder (tree) hotspot itu sendiri atau folder lainnya. Perhatikan file crack tersebut didalam gambar, berada di luar folder lainnya.

Lakukan re-boot untuk instalasi auto nya, kemudian setelah re-boot buka terminal dan ketikkan
/ mikrotik generate

maka secara otomatis crack akan melakukan prosesnya sendiri selama kurang lebih 10 menit, bahkan ada yang sampai 30 menit. Jika didapat key seperti berikut (level 6):
- 798Y-K0N
- AK73-PET
- NNFT-86N


Setelah didapat key, MikroTik langsung di re-boot, karena jika tidak crack akan melanjutkan ke level 5, tentunya level tersebut bukan level yang kita inginkan (tidak full). Berbeda halnya jika tidak didapati apa-apa, coba cabut kabel hardisknya dan pindahkan ke IDE primary master

Setelah restart copy kan software key yang bersangkutan yang berada di dalam daftar dibawah ini dengan key yang didapat sebelumnya di bagian "System --> License"

798Y-K0N
copy kan kode ini:
rVV1e2RYxT/OM9SZe9OK/0ij55RlWZIYLLmF2DCnMYloRbZUCWy+9YIVHRJuVgb9asNXHTAQ/IcHYiQrpBXvvA==

AK73-PET
copy kan kode ini:
x+QmBpjxS9quN4UyI2tP2AdybCYZdYWDpKhnkmVWmBZf
31hfbRA2X7ncrHoUI3yAjl6H6ZLwSJKiHXSf6bJAiD==

NNFT-86N
copy kan kode ini:
QcmFFDMuzh87/l2ngPSvD513huBKwgOLXu5tL8yhqPEl
Jns9gKAjxuZ6/Uy9YVFW09riSb1jrvZ7g0uSTVQkhC==


Kemudian lakukan re-boot kembali. Selesai di re-boot, MikroTik crack-an telah siap untuk di upgrade ke ver 2.9.51. Jika belum bisa diupgrade juga, lakukan generate ulang dan coba key selanjutnya (ada 3 jenis key diatas). Dan saya telah mencobanya, pada key yang pertama, upgrade gagal / tidak berhasil, tetapi pada key yang kedua (AK73-PET) upgrade berhasil dilaksanakan. Salam Codet

1 comment: