Link Warna-Warni Pelangi Pada Blog Dengan Javascript



Artikel berikut bagaimana cara membuat tulisan link pada badan blog menjadi warna-warni pelangi, cara ini sama seperti artikel saya pada tahun 2008 yang lalu, bisa dibaca pada http://asadi-febriyan.blogspot.com/2008/12/rainbow-text-di-link.html. Hanya saja cara menempelkannya pada badan blog saja yang berbeda, namun scriptnya masih tetap sama. Berikut caranya.

Salin Scource Code berikut ini pada notepad sobat.
http://code.google.com/p/script-blog-codet/source/browse/branches/rainbowlink.js

Simpan dengan nama file "rainbowlink.js"

Selanjutnya upload file tersebut pada hosting javascript sobat. Untuk hosting via code.google.com, bisa dilihat bagaimana cara melakukan hostingnya di artikel saya sebelumnya:
http://asadi-febriyan.blogspot.com/2014/06/hosting-file-javascript-di-google-code.html




 Klik kanan pada tulisan "view raw file" dan pilih "copy link location". untuk disematkan pada script.

<script src="https://script-blog-codet.googlecode.com/svn/branches/rainbowlink.js">
Tulisan yang berwarna merah pada contoh script tersebut diatas dapat diganti dengan script sobat yang sudah diupload sebelumnya. Untuk lebih cepat proses load blog sobat. Karena jika menggunakan link tersebut diatas lebih dari 10 orang secara bersamaan, dikhawatirkan over flow penggunaan yang bisa menghambat proses load blog.

Selanjutnya kita akan melakukan "linker" dari file tersebut di badan blog.
1. Login pada blogger.com dengan akun blogger sobat.
2. Masuk pada "template"
3. Dan pilih "Edit HTML"
4. Pada badan source code blog ini cari tulisan </body>, gunakan "ctrl+f" untuk memudahkan pencarian. Jika selesai copas kan kode script tadi tepat diatas tulisa </body> tersebut. terserah tidak perlu tepat sebenarnya, asalkan masih dalam ruang <body> dan </body> saja. Tapi pada kasus ini kita ambil simple nya saja. Untuk contoh lihat gambar:



Lihatlah hasilnya pada gambar dibawah ini, pada gambar yang saya linkar, link tersebut kelap-kelip berganti warna ketika mouse didekatkan.



Simpan template sobat, dan lihat blog sobat. rasakan hasilnya. Selamat warna-warni.

No comments:

Post a Comment